Artikel Terbaru

FPI Mulai Kepung Goethe Institut

JAKARTA – Jelang digelarnya konferensi dan program pendukung kegiatan yang digelar Goethe Institut bertajuk Indonesia dan Dunia pada 1965, puluhan massa Front Pembela Islam dikhabarkan mulai mendatangi Goethe Institut, di Jalan Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta, Selasa (18/1/2011).

Beberapa warga yang juga berniat mendatangi lokasi tersebut bahkan memberikan peringatan kepada rekan-rekannya yang lain agar berhati-hati saat datang ke Goethe tersebut.

“Kawan-kawan yang mau hadir diharapkan waspada lantaran FPI juga ikut datang ke sana,” ujar Ficky, salah seorang warga yang ingin melihat gelaran acara tersebut.

Konferensi yang akan digelar tersebut rencananya memang membahas persoalan Indonesia antara tahun 1965-1966 yang dianggap menjadi salah satu tragedi kemanusiaan paling besar dalam sejarah manusia setelah Perang Dunia Kedua terjadi di Indonesia.

Salah satu materi yang akan disampaikan dalam gelaran konferensi tersebut adalah persoalan tuduhan upaya menggulingkan kekuasaan pemerintah oleh pihak komunis, hingga mengakibatkan sekitar 500.000 sampai 1 juta orang tewas dibunuh. Menurut lembaga tersebut, Konteks domestik dan internasional peristiwa ini sampai sekarang tidak pernah disorot.

Konferensi ini, menurut Goethe Institut, bertujuan untuk menyumbangkan sebuah diskursus sejarah di tengah situasi politik Indonesia saat ini dengan cara meningkatkan pengetahuan akademis mengenai dimensi internasional peristiwa 1965/1966.

Berbagai program budaya yang juga telah dipersiapkan, antara lain pameran sejarah, pementasan teater boneka kertas, pementasan tari, peluncuran buku, lomba penulisan esay dan diskusi panel yang terbuka untuk umum, kami harap dapat memicu diskusi yang lebih luas mengenai episode abu-abu sejarah Indonesia ini. 
sumber

Tidak ada komentar: